Sunday, January 8, 2012

Kesimpulan Dari Manajemen

Manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain.

- Prinsip manajemen diantaranya:

1. pembagian kerja yang berimbang
2. pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas
3. disiplin

Dalam suatu organisasi perlu ada kesatuan perintah, sebab bila perintah berbedabeda dan berasal dari sumber yang berbeda-beda akan menimbulkan kebingungan pada bawahan sehingga tujuan tidak tercapai.

- Tingkatan manajemen terdiri dari:

1. Top Management (manajemen tingkat tinggi)
2. Middle Management (manajemen tingkat menengah)
3. Lower Management (manajemen tingkat rendah).

Top Management (manajemen tingkat tinggi) harus memiliki keterampilan administrasi/manajemen lebih besar dari keterampilan operasionalnya, sebab Top Management harus mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen mulai perencanaan sampai pengawasan suatu kegiatan. Sementara pekerjaan operasional dilaksanakan oleh bawahan.

- Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah:

1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (Pengorganisasian)
3. Commanding (Pemberian Komando)
4. Coordinating (Pengkoordinasian)
5. Controlling (Pengawasan).

Pengorganisasian adalah proses membagi habis seluruh pekerjaan atau kegiatan yang ada berdasarkan prinsip keahlian yang dimiliki.

No comments:

Post a Comment