Tuesday, November 29, 2011

STRUKTUR KEORAGANISASIAN MODEL VARIASI

B. STRUKTUR-STRUKTUR ORGANISASI

PENGERTIAN DARI STRUKTUR ORGANISASI ADALAH:
     Susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukan adanya pembagian kerja dan menunjukan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut  diintgrasikan (koordinasi).selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan,saluran perintah dan penyampaian laporan.
     Struktur  organisasi pada umumnya kemudian digambarkan dalam suatu bagan yang disebut bagan organisasi. Bagan organisasi adalah suatu gambar struktur  organisasi yang formal, dimana dalam gambar tersebut ada garis-garis (intruksi dan koordinasi) yang menunjukan kewenangan dan hubungan komunikasi formal,yang tersusun secara hierarkis.
     Struktur organisasi  menetapkan bagaimana tugas akan dibagi,siapa melapor kepada siapa, dan mekanisme koordinasi yang formal serta pola interaksi yang akan di ikuti.terdapat dua macam struktur organisasi Model Dasar dan Struktur Organisasi variasi.
Struktur Organisasi Model Dasar
     Struktur keorganisasian dasar adalah sebuah struktur hirarki dengan manajemen puncak paling atas dalam bagan, manajemen menengah di tengah,dan manajemen bawahan di paling bawah. Bagan terbentuk sebuah piramida karena manajemen puncak jumlah nya relatif sedikit terhadap manajemen  tingkat yang lebih rendah. Organisasi di dalam struktur ini tersusun secara fungsional, yaitu subsistem pokok dibawah direktur merupakan spesialisasi.
     Organisasi membagi pekerjaan atas tugas-tugas khusus hingga menimbulkan spesialisasi. Spesialisasi yaitu orang-orang atau bagian-bagian yang melaksanakan tugas sesuai dengan perakuran,ahli pemasaran yang bekerja di bagian pemasaran, dan lain sebagai nya.

No comments:

Post a Comment