Saturday, January 12, 2013

IMPLEMENTASI


Tahapan Implementasi Sistem (System Implementation)
1. Skejul
Skejul ini dilakukan untuk melaksanakan pelatihan bagi Pimpinan travel agent, admin dan operator. Ini dilakukan terus menerus sampai terutama admin dan operator lebih memahami dan mengerti alur kerja sistem E-Ticket ini. Adapun skejul yang dilaksanakan adalah tertera dibawah ini :
Minggu Pertama dilakukan min 3x
09.00-12.00
Pengenalan E-Ticket
Minggu Kedua dilakukan min 3x
09.00-12.00
Pelaksanaan Proses E-Ticket
- Bagi Admin dan Operator (Server) melalukan pendaftaran sebagai staff dari agent travel tersebut untuk mendapatkan Id dan Password.
- Mengisi dan mengubah data pribadi
- Melihat list data
- Melakukan proses pengechekkan dan bokingan tiket pesawat.
Minggu Ketiga dilakukan min 2x
09.00-12.00
Uji Coba
- Menjelaskan secara detail kepada masyarakat tata cara melakukan proses E-Ticket.
- Melakukan login
- Chek keberangkatan
- Boking tiket dan inssud
- Refund tiket/pembatalan tiket
- Print out tiket.
Minggu Keempat dilakukan 2x
09.00-selesai
Survei
- Melihat perkembangan apakah telah menguasai dengan baik atau belum.
- Apabila belum akan dilakukan tahap selanjutnya.
2. Hardware dan Software
Perangkat keras (Hardware) harus bisa bekerja sama dengan perangkat lunak (software) demi kelancaran sistem yang telah berjalan di perusahaan agent travel. Terutama jaringan internet yang sangat mempengaruhi proses dari sistem ini. Software bisa saja mengalami gangguan, bisa dari karena jaringan, dan memang gangguan dari pusat, sehingga memperhambat proses reservasi.
Untuk semua perangkat yang digunakan harus mempunyai dana yang cukup besar, terutama untuk membayar jaringan internet, programmer, admin, operator. Karena membuat suatu program yang dapat membantu masyarakat melalui E-Ticketing ini tidaklah mudah, butuh analisa yang kuat dan teliti. Akan tetapi sistem ini telah berjalan di situs web masing-masing airline. Dengan hal ini dapat meminimkan biaya, dengan kata lain disini penelitian kami hanya menganalisis software yang telah berjalan.
3. Tata Cara Proses E-Ticket
a. Masuk ke web Batavia
b. Apabila belum terdaftar sebagai anggota, silahkan daftar terlebih dahulu di menu daftar.
c. Isi data secara lengkap dan periksa kembali data anda. Setelah itu data akan secara otomatis akan tersimpan dan anda dapat melakukan proses bookingan tiket melalui situs ini.
d. Pilih kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal, bulan, tahun serta tamu yang akan berangkat. Maka akan tertera harga serta jam keberangkaan.
e. Isi data yang akan berangat. Dan lanjut ke step selanjutnya untuk menentukan proses pembayaran apakah melalui ATM atau kartu kredit.
f. Setelah melakukan pembayaran, silahkan inssud tiket anda dan lakukan print out di counter yang ada di bandara tempat anda melakukan keberangkatan.
g. Hasil print out tiket seperti tertera pada gambar diatas. Setelah itu bisa lakukan chek in di bandara Kota anda.
Proses ticketing pada Batavia-Air hampir sama dengan pesawat lainnya. Dapat dilihat di http://booking.bandarudara.com/. Di situs tersebut tinggal dipilih pesawat apa yang kita ingin, dan lakukan seperti tahap yang telah dijelaskan diatas.

No comments:

Post a Comment