SIKLUS HIDUP SISTEM OPERASI
Setelah sebuah perusahaan
menetapkan misinya, mengembangkan dan menerapkan strategi khusus yang
dibutuhkan, manajer operasi akan dihadapkan dengan beberapa permasalahan.
Pertama, kita lihat apa yang akan dikatakan dari penelitian mengenai strategi
MO yang efektif. Kedua, kita mengidentifikasi beberapa prasyarat untuk
mengembangkan strategi MO yang efektif.
Ketiga, kita akan melihat
dinamika pengembangan strategi MO.
1. Penelitian Pengetahuan
strategi diperoleh dari penemuan yang dihasilkan oleh Strategic Planning
Institute. Program PIMS-nya (Profit Impact of Market Strategy) dilaksanakan
lewat kerja sama dengan General Electric Corporation. PIMS telah mengumpulkan
hampir 100 data sekitar 3000 organisasi yang saling bekerja sama.
Berikut karakteristik yang
memberikan dampak pada keputusan strategi MO:
a) Kualias produk yang
tinggi (relatif terhadap persaingan).
b) Penggunaan kapasitas
yang tinggi.
c) Efisiensi operasi yang
tinggi (rasio produktivitas karyawan yang diharapkan terhadap produktivitas
yang sebenarnya).
d) Intensitas investasi
yang rendah (jumlah modal yang dibutuhkan menghasilkan satu dolar penjualan).
e) Biaya langsung rendah
per unit (relatif terhadap persaingan).
2. Prasyarat Sebelum
menetapkan dan mencoba untuk menerapkan strategi, manajer operasi harus
memahami bahwa perusahaan beroperasi dalam suatu sistem terbuka. Dalam sistem
ini terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi perkembangan strategi dan
pelaksanaannya. Semakin menyeluruh analisis dan pemahaman faktor eksternal dan
internal, kemungkinan keberhasilannya semakin tinggi. Walaupun faktor yng harus
dipertimbangkan banyak, setidaknya harus mengandung pemahaman berikut.
a) Kekuatan dan kelemahan
pesaing, begitu juga calon pendatang baru di pasar barang pengganti, serta
perjanjian dengan pemasok dan distributor.
b) Permasalahan
lingkungan, teknologi, hukum, dan ekonomi yang ada sekarang dan yang akan
datang.
c) Siklus hidup produk
yang mungkin menentukan batasan-batasan sistem operasi.
d) Sumber daya yang
tersedia dalam persuahaan dan fungsi MO.
e) Penggabungan strategi
MO dengan strategi perusahaan dan area-area fungsional lainnya.
No comments:
Post a Comment